Hidup sederhana: Pilihan Yang Aman, Sehat, Nikmat dan Ramah Lingkungan

Hasil perenungan saya tentang hidup dan kehidupan, tentang kebaikan dan keburukan, tentang kenikmatan dan kepahitan, tentang kegagalan dan kesuksesan, tentang arti nikmat, sukses, susah, kaya, miskin, gagal dan berhasil. Akhirnya saya berkesimpulan:

Hidup sederhana: Pilihan Yang Aman, Sehat, Nikmat dan Ramah Lingkungan.

Bagi saya tidak mudah merubah hidup yang sekarang menjadi sederhana, karena jujur rumah saya saja sekarang di area padang golf Taman Dayu, itupun ada 2 rumah (meskipun ke 2 nya masih kredit, hahaha), Kantor saya di Ruko Food Veranda Taman dayu, ruko berlantai 2, Mobil saya saja Matic, Anak saya saja harus kuliah di Jogyakarta dengan kontrak rumah sendiri (bukan kos).

Jumlah website resmi / berbayar (*.com, *.net) saya hampir 20, dan hampir sebagian besar menggunakan hosting berkelas VPS (virtual private server).

 

Alasan, kenapa saya harus hidup bersama orang orang yang tidak sederhana (alias kaya dan mewah).
Karena saya  ingin pola hidup sederhana itu adalah kesadaran bukan keterpaksaan, bukan kompensasi karena tidak berhasil dalam materi kemudian lari dan sembunyi menuju hidup sederhana. Hidup sederhana harus merupakan Pilihan yang menarik.

Hidup Sederhana bisa menenteramkan hati,

Hidup sederhana itu hidup yang peka terhadap lingkungan, suka berbagi, membantu yang lemah, perduli terhadap sesama.

Hidup sederhana adalah pilihan terbaik agar hidup kita tahan, kokoh, tidak memaksakan diri, tidak seolah olah sukses tapi kenyataannya gagal, tidak seolah olah kaya ternyata terlilit banyak hutang.

Hidup ini memang berproses, dalam perjalanannya tentu manusia melakukan perenungan dan pemahaman, sampai akhirnya menemukan suatu kesimpulan. Tentu tiap orang berbeda beda prosesnya dan juga beda hasilnya. Kebutuhan akan kedamaian, kebahagiaan, dan kemantapan dalam menjalankan hidup yang singkat ini.

 

Hidup sederhana itu kenyataan dan pilihan setelah sekian lama mencari makna hidup yang paling tinggi.Dan lebih mudah diteladani, dicontoh, lebih damai, lebih tenang, lebih membumi.

Apa saya hanya bisa bicara tanpa praktek.

Saya sudah memulai 1 tahun lalu ketika saya tidak tinggal di rumah mewah kawasan Golf Taman Dayu, akan tetapi saya bersama keluarga, bersama karyawan memilih tinggal di kontrakan murah (1 tahun ga sampai 2 Juta, sementara di taman dayu 1 hari bisa 2 Juta).

Hidup Sederhana adalah hidup yang alami dan ramah lingkungan, terjauh dari hidup yang seolah olah.

Latar belakang kenapa harus hidup sederhana:

Melihat rusaknya dunia ini karena banyak orang yang rakus,  mulai jadi pemimpin yang yang rakus, menjadi karyawan yang rakus, menjadi usahawan yang rakus, sehingga terjadi ketimpangkan yang luar biasa. Disatu sisi orang hanya berpenghasilan kurang dari 1 Juta / bulan, disisi lain orang berpenghasilan 1 milyar / bulan.
Menebang hutan, merusak lingkungan, mengekploitasi alam, hanya untuk keuntungan pribadi.
Banyak orang yang hidupnya bermewah, bermegah tapi hatinya gersang, kosong tanpa tujuan.

Ketimpangan sosial yang selama ini kita rasakan adalah dampak dari hidup mewah, menghambur hampurkan uang, sementara tidak kita sadari kita telah memakan hak orang lain, telah menginjak injak perasaan orang lain.

Sifat egoisme, suka merampok, memperkaya diri sendiri, adalah akibat dari hidup yang berlebihan, ingin jalan pintas, ingin enaknya sendiri tanpa memikirkan penderitaan orang lain.

Hidup sederhana Itu Sehat Lahir dan Sehat Batin.

Memilih Rumah / Hunian.

Lebih menyukai tinggal di desa, lingkungan yang luas dan asri, jauh dari kebisingan kendaraan, udara segar, air melimpah, lingkungan yang menghijau dan kecauan burung burung setiap saat tanpa harus memelihara dalam krangkeng. Lahan yang luas bisa di tanami buah buahan dan sayus sayuran, plus bisa beternak ayam, ikan dan kambing.

Sebagai perbandingan harga tanah dikota besar 1m2 = 5 juta, sementara harga tandah didesa hanya 5 ribu/m2.

Sederhana dalam Pola Makan

Harga beras mungkin hampir sama tapi harga lauk dan sayur bisa lebih murah jika hidup di desa. Karena jika memiliki lahan yang cukup (karena murah) kita juga bisa menanam sayur mayur dan buah buahan, selain iktu kita juga bisa bertani, berternak dan memelihara ikan.

Makanan alami yang banyak sayur dan banyak memakan buah menjadikan hidup lebih sehat, air yang alami tidak terkontaminasi dengan zat kimia (seperti PDAM di Jakarta dan Surabaya), menjadikan jantung juga tambah sehat, udara segar bebas polusi menjadikan paru paru kita sehat, pandaan hamparan asri, rindah, dan sejuk menjadikan mata dan pikiran ikut sehat.

Sederhana dalam Pekerjaan

Menjadi apa adanya, tidak memaksakan diri, mensyukuri kerja yang sudah ada, kerja cukup di sekitar rumah, menjadi petani, menjadi peternak, menjadi guru SD, menjadi guru bisnis online. Nah satu keuntungan bisnis di Internet adalah kita bisa kerja dari rumah meskipun pekerjaan bisa berada ke seliruh dunia. Cukup hanya dengan satu koneksi internet bisa digunakan oleh satu kampung (kampung sini hanya 20KK).

Sederhana Dalam Kepemilikan

Sederhana juga tidak ada standarnya, tiap orang bisa mengartikan berbeda dan bermacam macam. Dalam hal kepemilikan menurut saya semua itu titipan / amanah Tuhan, mulai dari anak, istri dan harga benda. Pada saatnya semua akan diambil kembali. Untuk itu saya menetapkan standard sendiri dalam hal materi:

Kalau sudah bekeluarga harus punya Rumah (baik rumah warisan atau rumah beli sendiri), memiliki kendaraan Sepeda Motor, memiliki tabungan emas untuk sekolah anak, memiliki ladang / sawah minimal 1000m2.

Hindari berhutang dan kredit, usahakan menabung, syukur kalau bisa menabuk emas (usahakan emas lantakan).

Sederhana Dalam Pendidikan Anak

Sederhana dalam hal ini tidak  berarti hanya sekolah SD, akan tetapi sekolah harus benar benar sesuai kemampuan,  kebutuhan,  sesuai jamannya.

Jika memang anak kita otaknya cerdas, mampu menjadi dokter, tidak ada salahnya disekolahkan sampai ke Sajana Kedokteran, akan tetapi jika kemampuan anak ternyata gemar sepak bola, tidak bisa yang lain yah tentu disekolahkan ke sepok bola sampai maksimal. Kalau toh nanti ternyata tidak bisa masuk TIM NAS, yah minimal bisa menjadi tim Local saja.

Jadi intinya sekolah itu bukan karena Gengsi, dipaksa paksa karena keinginan orang tua, tetapi harus disesuaikan bakat dan minat anak.

Sederhana disini yang perlu di pertegas adalah : Tidak perlu ada pemaksaan, biarlah sesuai bakat dan kemampuan, tidak perlu dipaksa menjadi pegawai dengan menyogok / menyuap.

Sederhana dalam Gaya Hidup

Sederhana dalam gaya hidup itu penting, tidak perlu di paksa paksa, tapi bukan berarti gaptek, kuno dan ketinggalan. Jika tidak ada dana untuk ke luar negeri cukup dengan melihat lihat informasi dari internet, lengkap dan biayanya juga murah. Melihat apa saja kebiasaan orang luar negeri maka cukup belajar bahasa inggris atau bahasa setempat, dan berkeliling ke dunia lewat media internet, maka semua informasi akan mudah didapatkan. Di internet itu ada penterjemah seperti google translate maka dengan mudah informasi itu kita pahami.

Ke mal, ke Kota, Ke tempat wisata tidak dilarang. Misalnya ke mall kota surabaya, mencari pemandangan boleh boleh saja, tapi tidak harus menjadi kebiasaan. Wisata lebih diarahkan ke tempat tempat alam, yang mudah dijangkalu baik lewat kendaraan maupun jalan kaki.

Sedehana dalam Berkendaraan

Kalau jamam saya mempunyai sepeda pancal jenis tertentu itu menjadi barang mewah, apalagi punya sepeda motor, saat ini mobil tertentu (mersi, bmw) itu bisa dikatakan barang mewah. Namun konsep hidup sederhana itu lebih mengarah ke fungsi dan manfaatnya. Memiliki mobil produktif untuk penyewaan itu baik, tapi menumpuk numpuk mobil hanya untuk gangsi dan gaya gayaan itu bukan pola hidup sederhana.

Orang sederhana lebih banyak jalan kaki, karena selain hemat juga menyehatkan badan, orang sederhana sebaiknya memilik sepeda pancal juga menyehatkan. Hanya jika terpaksa menggunakan kendaraan baru digunakan dengan demikian bisa hemat bahan bakar. Bayangkan jika semua orang lebih memilih jalan kaki dan naik sepeda: tentu ini gaya hidup yang ramah lingkungan.

Hidup Sederhana Suka Berbagi

Hidup sederhana itu bukan pelit, kikir tetapi harus mengedepankan sikap yang suka berbagi, baik ilmu dan harta. Orang sederhana itu harus suka menolong sesama. Peka terhadap tetangga, lingkungan yang membutuhkannya sehingga terpancar jiwa sosialnya.

Kesederhanaan lebih diarahkan ke diri sendiri, kemudian memancar ke lingkungan sekitar. Dengan demikian orang sederhana itu disukai masyarakat sekitar, menjadi contoh dan teladan yang baik. Tidak membuat orang iri hati, dan sakit hati, karena tidak ada alahan untuk iri. Bandingkan jika anda kaya, punya kendaraan, pelit dan sombong: tentu akan banyak yang iri dan sakit hati.

Jika memiliki ilmu, suka berbagi, tidak semua ilmu dijual, sering sering diberikan orang lain dengan gratis / suka rela.

Orang sederhana itu : Sabar, syukur, Jujur dan Iklas

Sabar setiap menerima cobaaan dan ujian, sabar menerima musibah, kegagalan, dan kesedihan.
Syukur: Mensyukuri segala nikmat, dapat banyak syukur dapat sedikit juga syukur. Apapun keadaan yang diberikan Tuhan selalu disambut dengan rasa syukur.
Jujur: Orang sederhana tidak takut ditipu, dibohongi karena kejujurannya, menulis apa adanya, berprilaku tidak dibuat buat. Dengan jujur maka orang lain akan percaya dan tentu akan menjadi jalan lapang rejeki.
Iklas: Orang sederhana tentu akan iklas dalam memberi apapun ke orang lain, tanpa mengunkit ungkit barang yang sudah diberikan.

Jiwa Sederhana itu Tetip Hukum dan Tidak Korup

Jiwa sederhana harus terpancar dalam prilaku yang tertip hukum. Orang yang suka korupsi sering terlihat orang boros, wah, dan suka berfoya foya, bayar sana bayar sini, dan semua dikukur dengan uang. Coba lihat para koruptor itu ternyata seorang penakut, takut miskin, takut hartanya dirampas, makanya banyak yang lari ke luar negeri. Sungguh tidak bahagia orang orang yang suka korupsi.

Orang sederhana itu menerima hidup itu apa adanya, mensyukuri setiap kejadian yang dialami, mengambil pelajaran setiap peristiwa, selalu taat beribadah, dekan dengan Tuhan, dan sayang terhadap kedua orang tua, guru dan orang orang yang telah membesarkannya.

 

Kesimpulan:

Ternyata Pola hidup sederhana itu membawa dampak positip yang luar biasa baik terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat dan negara.  Hidup sederhana itu membawa kita sehat lahir dan sehat batin, membawa kebahagiaan yang hakiki dan semakin mendekatkan diri pada Tuhan. Hidup sederhana itu bisa menghindari pola konsumtif, mencegah iri, dengki orang lain. Pola hidup sederhana merupakan pola hidup yang ramah lingkungan. Pola hidup sederhana menjadikan kita kaya yang sesungguhnya. Dan yang terakhir dengan hidup sederhana kita bisa merasakan apa arti: Kesabaran, Kejujuran, Keiklasan, dan Syukur.

Ini hanya pendapat pribadi, mohon maaf jika salah dalam mengartikan dan penulisan.

 

 

 

Hasil pencarian untuk artikel ini:

contoh hidup sederhana (15), artikel pola hidup sederhana (11), contoh perilaku sederhana (5), contoh perilaku hidup sederhana (5), contoh sikap sederhana (2), nikmatnya hidup sederhana (2), contoh sikap hidup sederhana (2), biaya hidup sederhana di desa (2), 2 contoh perilaku sederhana (2), comtoh sikap hidup sederhana (2), contoh perilaku sederhana di masyarakat (2), kemantapan merubah hidup jadi kaya (1), tulisan cari uang cuma buat bayar utang (1), keluarga sederhana damai (1), hidup tenang menjadi petani (1), hidup sederhana yg membawa nikmat (1), Hidup sederhana materi sd (1), Hidup sederhana didesa (1), kenapa petani hidup sederhana (1), manfaat sikap hidup sederhana (1)
You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

HTML tags are not allowed.