Satu Nusa Satu Bangsa

Satu Nusa Satu Bangsa satu Bahasa Indonesia, itulah kira kira ikrar sumpah pemuda 80 tahun yang lalu yang dikumandangkan oleh generasi Pemuda saat itu. Saat ini Indonesia sudah diambang perpecahan, disintegrasi, saling menghujat, saling curiga, saling tidak percaya, dan saling memperkosa hak asasi. Kebebasaan dunia internet, kebebasan berekpresi menjadikan kita kadang lupa bahwa kita bisa seperti ini, bebas seperti ini adalah hasil dari satu momentum penting saat itu “Sumpah Pemuda”. Tentu saja ini dalam kerangka ketentuan Allah Tuhan yang maha Penentu.

Kita mungkin tidak perlu bersumpah lagi, berikrar lagi, tidak perlu keluar darah lagi, yang diperlukan saat ini adalah kerja nyata, karya nyata bahu membahu membangun negeri. Apapun sumbangsih kita, paling sederhana jadi pengangguran tapi tidak merusak sudah cukup memberi andil agar negeri ini tidak carut marut. Diperlukan kesadaran dan komitmen saling menjaga keutuhan wilayah tanah air dan siap setipa saat jika negara membutuhkan kita, agar bangsa ini tidak menjadi negeri yang porak poranda, pecah belah, hancur lebur seperti ratusan tahun yang lalu. Terjajah, terintimidasi, tertindas, terbelakang, terbelenggu, dan sama sekali jauh dari kemerdekaan.

Sebagai pelengkap berikut saya ambilkan cuplikan dari lagu Satu Nusa Satu Bangsa semoga masih relevan di era Informasi yang sangat bebas ini.

Judul : Satu Nusa Satu Bangsa : Ciptaan: L. Manik

Satu_nusa
Satu_bangsa
Satu_bahasa kita

Tanah_air
Pasti_jaya
Untuk Selama-lamanya

Indonesia_pusaka
Indonesia_tercinta
Nusa_bangsa
Dan_Bahasa
Kita_ bela_bersama

Berikut adalah Video lagu itu:

Semoga menjadi semangat untuk tetap bersatu padu dalam Negara Kesatuan Repuplik Indonesia

Hasil pencarian untuk artikel ini:

makna lagu satu nusa satu bangsa (54), lagu satu nusa satu bangsa dikarang oleh (21), sejarah lagu satu nusa satu bangsa (18), latar belakang lagu satu nusa satu bangsa (13), makna yg terkandung dlm lagu satu nusa satu bangsa (1), makna yang terkandung dalam lagu satu nusa satu bangsa (1), makna satu bahasa (1), makna lagu wajib satu nusa satu bangsa (1), Makna lagu satu nusa satu bangsa bagi pemuda (1), Lagu Satu Nusa Satu Bangsa dikarang oleh siapa? (1), lagu satu nusa satu bangsa dgn maknanya (1), jelaskan makna dari lagu satu nusa satu bangsa (1)
You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

HTML tags are not allowed.